JAKARTA. Penawaran investasi bodongkian canggih. Financial Planner Finansia Consulting Eko Endarto membagikan tips bagi investor agar terhindar dari investasi bodong.

Eko menuturkan calon investor perlu selalu waspada dan memperhatikan keuntungan yang ditawarkan oleh penawaran investasi. Apabila penawaran investasi tersebut memiliki keuntungan lebih tinggi dari suku bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), maka investor harus hati-hati.

“Sebab risikonya juga pasti akan tinggi,” ujar Eko, Senin (6/6).

Kemudian, investor harus mempelajari cara kerja skema investasi yang ditawarkan. Semakin rumit investasi yang ditawarkan, maka investor tak perlu masuk.

Eko menambahkan risiko invetasi semakin tinggi apabila investor tidak memahami cara kerja investasi.

“Investor jangan hanya mempercayakan tawaran hasil tinggi tapi ketahui juga bagaimana pengelola produk mengembangkan uang kita sehingga bisa memberikan hasil seperti janji mereka,” ujar Eko.

Lalu, investor juga perlu mengetahui legalitas investasi yang ditawarkan. Caranya, investor bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui bahwa perusahaan atau produk investasi yang ditawarkan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Sekarang sudah ada OJK sebagai pengawas maka tidak ada salahnya investor melakukan cross check. Bila tidak terdaftar, sebaiknya tidak usah dimasuki,” ujar Eko.

http://investasi.kontan.co.id/news/tips-terhindar-dari-investasi-bodong-versi-eko 

#surgadihatiku

Advertisements