Kesulitan dalam mengumpulkan Gold dan Elixir saat bermain Clash of Clans? Tenang saja, nih ada tips dan trik farming Clash of Clans!

Dalam memainkan Clash of Clans memiliki strategi farming yang efektif sangatlah penting supaya kita dapat melakukan pada troops, building, dll dengan mudah. Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya farming agar mendapatkan gold dan elixir yang banyak? Apakah kita perlu menggunakan banyak gem? Ataukah kita harus menunggu Gold Mine dan Elixir Collector hingga penuh? Dengan menggunakan tips dan trik farming Clash of Clans ini kalian tidak perlu melakukan hal-hal itu!

Strategi farming Clash of Clans bervariasi tergantug level dari Town Hall (TH) milikmu. Ketika kamu melakukan serangan ke pemain lain, maka yang bisa kamu serang adalah TH yang selevel, dibawah, atau diatas levelmu. Jadi startegi farming Clash of Clans dibawah ini diurutkan berdasarkan Town Hall milikmu.

Town Hall Level 1 & 2

farming clash of clans town-hall-level 1 dan 2

– Upgrade Army Camp agar bisa menampung hingga 30 troops.

– Gunakan 20-30 Barbarian untuk menyerang musuh.

– Cari pemain yang menempatkan resources mereka di tempat terbuka dan keluarkan Barbarian didekatnya.

– Jangan takut untuk kehilangan Shield, kebanyakan pemain lain tidak akan menyerangmu karena loot-mu yang bisa mereka ambil sangatlah sedikit saat ini.

Town Hall Level 3

farming clash of clans town-hall-level 3

– Recomended Trophy: Kurang dari 600

– Buat/Upgrade Army Camp-mu hingga secara keseluruhan bisa menampung 70 troops.

– Buatlah 70 Barbarian untuk menyerang musuh.

– Setiap Barbarian menghabiskan 25 Elixir, jadi kamu akan menghabiskan 1750 Elixir. Jika kamu menyerang musuh, pastikan kamu bisa mendapatkan lebih dari itu.

– Ketika memasuki TH level 3, kamu mungkin akan bertemu dengan beberapa pemain yang menggunakan Mortar. Akali serangan Mortar dengan cara menyebarkan Barbarian-mu.

– Upgrade Barbarian ke level 2 untuk mempermudah mengatasi Mortar.

– Kamu bisa menggunakan beberapa Goblin ketika menyerang. Waktu training mereka memang lama, tetapi mereka bisa secara efektif mengambil resources lawan, lho!

Town Hall Level 4

farming clash of clans town-hall-level 4

– Recomended Trophy: Kurang dari 800

– Tidak begitu berbeda dengan TH 3, kamu hanya perlu menggunakan Barbarian ketika menyerang.

– Kamu bisa meng-upgrade Army Camp hingga dapat menampung 80 troops, tetapi hal itu bisa kamu lakukan nanti.

– Incar pemain yang memiliki minimal 35.000 gold atau 35.000 elixir.

– Gunakan taktik menyerang yang hampir sama dengan TH 3.

– Tidak usah terlalu tergantung Giant atau Archer. Melatih Giant butuh banyak sekali Elixir.

– Kebanyakan musuhmu hanya akan memiliki satu Mortar, jadi cukup gunakan Barbarian.

Town Hall Level 5

farming clash of clans town-hall-level 5

– Recomended Trophy: 500 – 1000

– Barbarian dalam jumlah yang besar masih menjadi inti dari strategi farming ini. Kamu bisa mendapatkan Army Camp ke-3 dan upgrade hingga troops maksimal-mu mencapai 135.

– Upgrade Barbarian hingga level 3 untuk meningkatkan Strength mereka.

– Berhati-hatilah terhadap Wizard Tower karena serangannya area. Gunakan 5-10 Barbarian untuk menyerang Wizard Tower dalam satu waktu. Kamu juga bisa menyebarkan Barbarian agar tidak terkena Splash Damage Wizard Tower.

– Jika kamu berpikir bahwa Wizard Tower musuh terlalu kuat, lihatlah letak dari Wizard Tower. Jika letaknya cukup jauh dari bangunan resources, kamu boleh menyerangnya. Atau, jika letaknya berdekatan dengan resources, kamu bisa skip menuju pemain lainnya.

– Tidak direkomendasikan untuk menggunakan Wall Breaker atau menggunakan Archer. Membuat Barbarian lebih cepat dan murah daripada kedua tipe troops ini.

– Incar pemain yang memiliki minimal 50.000 gold atau 50.000 elixir (keduanya atau pilih gold atau elixir saja –tergantung dengan apa yang sedang kau butuhkan).

Town Hall Level 6

farming clash of clans town-hall-level 6

– Recomended Trophy: 600 – 1000

– Barbarian dalam jumlah besar tetap menjadi inti dari strategi ini. Archer dan Wallbreaker mungkin berguna,tetapi kamu bisa Skip dan mencari musuh dengan base yang lebih‘Barbarian-Friendly’.

– Sebelum menyerang, latihlah Barbarian di Barrack sehingga setelah kamu menyerang pemain lain, troops-mu sudah siap untuk digunakan dalam penyerangan berikutnya.

– Pada TH 6, kamu bisa mengakses level 2 Spell Factory. Disini kamu bisa mendapatkan Healing Spell. Spell ini cukup efektif untuk meng-heal Barbarian yang menyerang Wizard Tower. Tapi, pastikan loot yang kamu dapat cukup banyak, karena healing spell menghabiskan 15.000 elixir sebelum di upgrade.

Town Hall Level 7

farming clash of clans town-hall-level 7

– Recomended Trophy: 800 – 1200

– Prioritas utamamu adalah meng-upgrade Laboratory-mu hingga kamu bisa meng-upgrade Barbarian hingga level 4, Archer level 4, dan Wall Breaker level 4.

– Begitu kamu memiliki Barbarian level 4 dan Archer level 4, kamu bisa menggunakan kombinasi troops berikut untuk menyerang: 90-100 Barbarians, 5-8 Wall Breakers, dan 84-94 Archers.

– Turunkan Barbarian atau Archer untuk mengalihkan perhatian tower musuh. Lalu, turunkan 2-3 Wall Breaker untuk menghancurkan Wall level 5 (Gold) dan level 6 (Magenta).

– Jika kamu ingin menggunakan Spell, gunakanlah sampai kamu menghancurkan paling tidak satu Wall.

– Letakkan banyak sekali Barbarian agar masuk ke dalam Wall. Gunakan Rage atau Healing Spell seperlunya, kemudian turunkan Archer sebagai gelombang serang kedua.

– Jika kamu sudah memiliki Barbarian King, maka kamu bisa menggunakan Barbarian King sebagai tanker untuk mengalihkan semua tower musuh.

Town Hall Level 8

farming clash of clans town-hall-level 8

– Recomended Trophy: 1100 – 1450

– Masih sama seperti sebelumnya, gunakan kombinasi serangan Barbarian-Archer-Wall Breaker ketika menyerang.

– Prioritaskan untuk meng-upgrade Archer, Giant, Goblin dan Wall Breker hingga level 5.

– Jika sudah upgrade sampai level 5, kamu bisa mulai menggunakan Giant, Archer, Goblin dan Wall Breakers. Kombinasinya: 10 Giant, 50-70 Archer, 5-10 Wall Breakers dan 70-80 Goblin.

– Saat mencari base untuk diserang, pastikan level TH lawan adalah 7 – 8. TH level 9 – 10 juga bisa kamu serang, tetapi agak terlalu sulit. Seranglah TH level 9 – 10 jika Gold Mine dan Elixir Collector mereka penuh.

– Gunakan sedikit Goblin untuk memastikan ada-tidaknya Trap ditempat kamu ingin meletakkan Troops-mu. Jika aman, kamu bisa mulai meletakkan Giant lalu beberapa Wall-Breaker.

– Turunkan beberapa Archer di belakang Giant dalam bentuk setengah lingkaran.

– Simpan beberapa Archer untuk menyerang resources dan building yang sekiranya tidak terjaga tower.

– Saat Giant diserang oleh Tower, gunakan Wall Breaker untuk menghancurkan Wall yang melindungi resources. Setelah itu, turunkan Goblin. Jika memungkinkan, gunakan Healing Spell pada Goblin.

– Perlu diingat bahwa kombinasi Goblin-Archer-Giant tidak memastikan kamu menghancurkan semua building lawan. Tetapi dengan Archer kamu bisa setidaknya menghancurkan 50% base lawan dan mendapatkan trophy.

– Pasukan Barbarian dan Archer masih bisa kamu gunakan jika kamu mengincar Gold dan Elixir. Giant/Goblin/Wall Breaker juga lebih baik dalam mendapatkan Gold dan Elixir –serta tentu saja Dark Elixir.

Town Hall Level 9

farming clash of clans town-hall-level 9

– Recomended Trophy: 1300 – 1800

– Prioritaskan untuk meng-upgrade Laboratory, Army Camp, dapatkan Archer Queen dan upgrade Barbarian King.

– Meng-upgrade Barbarian King hingga level tinggi bisa sangat berguna ketika melakukan penyerangan. Level 30 Barbarian King bahkan dapat menghancurkan sebagian besar base TH Level 8 dengan mudah.

– Disarankan untuk kembali menggunakan kombinasi Barbarian dan Archer terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan upgrade menuju level 6 sangatlah mahal. Menggunakan Barbarian dan Archer akan memaksimalkan pendapatan Elixir-mu.

– Kamu juga bisa menggunakan Goblin, Giant dan Wall Breaker untuk mempermudah penyerangan ke base pemain lain.

– Jika kamu sudah memiliki cukup banyak Elixir, mungkin sudah saatnya bagimu untuk farming Dark Elixir. Kamu bisa menambahkan kombinasi Giant-Wizard-P.E.K.K.A dalam pasukanmu –atau kamu bisa mengganti Giant dengan Golem. Kombinasi ini bisa digunakan secara efektif untuk mendapatkan hingga2.000+ Dark Elixir.

– Gunakan Wizard dan beberapa Archer untuk menghancurkan building yang tidak berguna dan tidak begitu dijaga untuk memberikan jalan pada P.E.K.K.A agar menyerang bagian dalam base musuh.

Town Hall Level 10

farming clash of clans town-hall-level 10

– Recomended Trophy Range: 1800 – 2200

– Prioritaskan untuk upgrade setiap tentaramu hingga level 6.

– Cara paling mudah farming adalah dengan skip menuju base berikutnya hingga kamu menemukan Gold Mine dan Elixir Collector yang terisi penuh (belum diambil).

– Kamu juga bisa menyerang TH musuh yang tidak terjaga untuk mempertahankan jumlah Trophy-mu.

– Jika jumlah Elixir-mu sudah cukup banyak. Kamu bisa menambahkan kombinasi Golem-Wizard-P.E.K.K.A. atau Giant-Wizard-P.E.K.K.A. seperti hal-nya TH Level 9.

Itulah tadi beberapa Tips dan Trik farming Clash of Clans. Semoga Tips dan Trik Farming Clash of Clans ini berguna untukmu.

http://www.duniaku.net/2015/03/24/tips-dan-trik-farming-clash-of-clans-yang-bikin-th-mu-sejahtera/

#surgadihatiku

Advertisements