Liputan6.com, Jakarta – Situs jual beli online atau lebih populer disebut e-Commerce di Indonesia bisa dibilang kian mendominasi konsumen. Apalagi, akses internet serta penetrasi smartphone yang meningkat semakin memudahkan para penggunanya untuk berbelanja online.

image

Menurut data yang dirilis biro riset Frost & Sullivan, bersama China, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pasar e-Commerce terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen setiap tahun.

Melihat besarnya potensi ekosistem jual beli online yang semakin digeluti konsumennya, tak heran jika kegiatan berbelanja online kini telah menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini pun mendorong munculnya berbagai toko online baru yang hadir untuk bersaing di industri pasar online Indonesia.

Kali ini tim Tekno Liputan6.com akan membeberkan daftar lima (5) situs e-commerce terbaik di Indonesia yang paling sering dikunjungi konsumen. Berdasarkan data yang dirilis situs Alexa, berikut 5 situs e-Commerce terbaik di Indonesia.

1. Bukalapak.com
Berdasarkan data terkini dari Alexa, situs yang menyajikan peringkat dari sebuah website atau blog, Bukalapak.com menduduki peringkat pertama situs e-Commerce yang paling sering dikunjungi konsumen.

Bukalapak.com merupakan salah satu situs online marketplace terbesar di Indonesia. Pertumbuhan situs ini sebagai e-Commerce terbilang sangat pesat.

Website Bukalapak.com sendiri diluncurkan pada awal Januari 2010, dan animo masyarakat ternyata sangat luar biasa. Bukalapak.com kini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 190 ribu penjual (seller). Jumlah itu lebih banyak dari situs internet jual beli manapun di Indonesia.

2. Lazada.co.id

Posisi kedua disinggahi oleh Lazada. Lazada sendiri adalah jaringan toko online yang bermuara pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Lazada pertama kali hadir pada tahun 2012 kemarin.

Toko online yang dikenal sebagai Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun. Mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk kecantikan.

3. Tokopedia.com

Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia.com pertama kali dapat diakses oleh publik dalam versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009.

Saat ini Tokopedia berhasil menjadi situs marketplace online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Selain itu, Tokopedia juga telah memiliki lebih dari 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar, dan ratusan ribu produk.

Hebatnya lagi, pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010 Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir Rp 6 miliar.

4. OLX.co.id

Posisi keempat situs e-Commerce terbaik diduduki oleh OLX. OLX adalah pasar iklan dengan jaringan internasional yang pertama kali beroperasi pada tahun 2006 silam. Market place yang sudah hadir di lebih dari 106 negara ini didirikan oleh pengusaha internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford.

Menjelang akhir tahun 2014, OLX mengakuisisi Tokobagus.com, dilanjutkan dengan Berniaga.com. Pada akhirnya, dua platform market place itu digabungkan dan melahirkan OLX.co.id yang resmi beroperasi pada Februari 2015 lalu.

5. Elevenia.co.id

Elevenia menduduki peringkat kelima. Elevenia merupakan marketplace yang diluncurkan oleh operator selular PT XL Axiata Tbk (XL) dengan inisiatifnya untuk masuk dalam pasar e-Commerce Tanah Air.

Dalam membangun Elevenia, XL menggandeng SK Planet, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak di bidang bisnis digital. Kedua perusahaan bersinergi dan membangun Elevenia dengan komposisi investasi 50-50.

(jek/isk)

http://tekno.liputan6.com/read/2322305/5-situs-e-commerce-terbaik-di-indonesia
#surgadihatiku

Advertisements